menu kami


Wednesday, August 12, 2015

Geplak

MENU>> Makanan >> Minuman >> Fashion >> Layanan Antar Jemput


Untuk Pemesanan hubungi Ibu Tatiek di 0812 816 7479
Item
Geplak
Harga
Rp 16.500,-
Kemasan
kemasan plastik isi 10 geplak
Minimum Pemesanan
tidak ada
Area Pemesanan
Depok dan Sekitarnya

Kue Geplak namanya, kue khas Betawi yang satu ini mungkin sudah jarang ditemukan di tempat-tempat penjual kue khas Betawi yang ada di Jakarta. Kue bercita rasa manis dan bertekstur lembut ini menjadi salah satu kue hantaran pengantin dalam tradisi adat pernikahan masyarakat Betawi.

Kue yang memiliki warna dominan putih kecoklatan ini terbuat dari beras yang agak pera. Beras tersebut kemudian digiling hingga menjadi tepung kemudian disangrai. Setelah itu baru dicampurkan kelapa parut yang juga sudah disangrai.

Adonan ini kemudian dicampur dengan gula pasir yang sudah dicairkan hingga mengental dan selagi panas diaduk-aduk hingga adonan padat.

Menurut salah satu pembuat geplak yang berada di kawasan Bintaro, pembuatan kue geplak memang sedikit repot apalagi ketika dalam kondisi panas harus diaduk dengan tangan. "Setelah diaduk dengan tangan, kemudian dicetak di tenong atau wadah lalu diratakan dengan tangan dengan setengah dipukul. Itulah mengapa kue ini disebut dengan sebutan geplak" Ungkap Nafsiah, salah satu pembuat geplak di Bintaro. 

Kue geplak memiliki ketahanan hingga 3 sampai 7 hari. Bila di letakan di lemari pendingin ketahanan kue geplak bisa semakin lama dan membuat rasanya akan semakin renyah.

sumber: www.indonesiakaya.com

MENU>> Makanan >> Minuman >> Fashion >> Layanan Antar Jemput




No comments:

Post a Comment